Newest Post

Istimewanya Bulan Sya’ban

| Sabtu, 21 Juni 2014
Baca selengkapnya »
Meskipun bentar lagi bulan Ramadhan, tapi lagi pengen share tentang istimewanya bulan Sya’ban. Semoga sharenya membawa berkah. Hee

Bulan Sya’ban merupakan bulan tutup buku. Artinya di sanalah bagiannya laporan amal-amalan kita dilaporin sama Allah. Apakah amalan kita lebih banyak yang baiknya, atau malah sebaliknya? Silahkan aja sobat renungkan sendiri.  Hal ini berdasarkan hadis Nabi “Allah mengangkat amal-amal hamba-Nya seluruhnya pada bulan Sya’ban.

Selain itu, bulan Sya’ban juga merupakan bulan penetapan/ditetapkannya kebijakan Allah yang bakalan direalisasika satu tahu ke depan. Maksudnya, pada bulan itu Allah menetapkan takdir manusia. So, perbanyaklah do’a. Selanjutnya, Sya’ban merupakan pintu gerbang memasuki bulan suci Ramadhan.

Terakhir, pada bulan itu, Nabi didatangi malaikat dan meyuruhnya shalat dan memperbanyak doa. Karena di sana Allah membuka pintu ampunan yang sebesar-besarnya untuk hamba-hambanya, kecuali 10 golongan, yaitu : orang-orang musyrik, tukang sihir, tidak akur dengan sesama, yang biasa mabuk-mabukkan, yang sering zina, memakan riba, durhaka terhadap orang tua, suka ngadu domba, memutuskan tali silaturahmi dengan saudaranya.

Jika dilihat ternyata salah satu dari golongan itu adalah orang yang selalu tidak akur degan sesama, serta orang yang memutuskan tali silaturahmi. So, jagalah persahabatan antar sesama, dan perbanyaklah doa. Agar dosa kita terampuni Allah di bulan Sya’ban ini.

Sumber : Syar’I edisi 5/Sya’ban 1426

Istimewanya Bulan Sya’ban

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Sabtu, 21 Juni 2014
With 0komentar

Mengetuk Cintamu, Asma Nadia

| Jumat, 20 Juni 2014
Baca selengkapnya »

Teguh betul-betul lelah, kakinya terasa semakin berat. Ia tak kuat lagi melangkah apalagi mencapai pintu-pintu yang berdiri kokoh dan menyambutnya dingin. Ia bahkan tak berani lagi berharap, akan ada pintu yang terbuka lebar dan merangul tulus.
Salahkah jika ia ingin berhenti saja dan tak seteguh harapan orang banyak?
Wajah ayah ibunya terpatri jelas di benaknya. Semangat yang mereka alirkan. Nenek bilang nama Teguh, yang diberikan ayah dan ibu, sudah dipatok jauh-jauh hari. “Bahkan sebelum kau lahir!”
Disaat-saat demam dalam kesendirian, lelaki berusia 30 tahun itu sering tertawa frustasi. Ayah dan ibu sudah lama meninggal, tapi mereka masih menyisakan beban lamanya. Bagaimana ia bisa punya ruang berlemah diri kalau embel-embel dari namanya Iman? Teguh Iman, begitu lengkapnya.
Waktu kecil timpahan kasih sayang dari ayah dan ibu, membuat teguh nyaris tak merasa minder akan kekurangan fisiknya. Beranjak besar, dan melihat kenyataan masalah fisik yang membekapnya, ternyata jauh lebih serius, dan bukan sekadar organ yang belum berkembang, ia mulai panik. Tapi naungan Islam, lingkungan baru kemudian mendekapnya, membuat cowok usia 18 tahun itu pasrah. Tuhan pasti punya skenario besar untuknya. Pasti.
Dengan kepercayaan iru, dulu ia menjalani hari-hari sekolahnya. Lelaki bertubuh tegak, dengan hidung mancung, dan mata coklat itu menjalani takdir dengan semangat. Ia tampan. Cerdas pula. Kekurangan satu-satunya cuma…………..
Nduk, jangan dipikirkan fokuslah pada kelebihanmu. Jangan meratapi kekurangan!”
Ibu yang bijak lalu ayah yang selalu siap dengan dua jempol terancung utuknya.
“Anak ayah paling Hebaat!”
Semua orang sepertimu selalu siap menghiburnya.
“Optimis, Guh…. Optimis!”
Riza, temannya satu kampus pun tak kurang memompakan semangat dan berusaha mengalirkan kepercayaan diri. Setiap kali dilihatnya Teguh termenung meratapi kekurangannya.
“Apa ada muslimah yang mau jadi isteriku, ya Ri?” Tanyanya gampang.
Dan Riza, dengan tawa khasnya, selalu mengalirkan hawa optimis,
“Kamu ada-ada aja, Guh!”
“Hei, aku serius!”
Mereka sudah di tahun kelima kuliah. Mendekati wisuda. Teman-teman sekampus sudah banyak yang menikah, bahkan ada yang di tahun-tahun awal kuliah. Wajar kalau lelaki itu mulai cemas.
“Pasti ada Guh!”
“Dengan kaki begini?” Teguh menunjuk sebelah kakinya yang mengecil dan tak imbang. Kaki itu yang mengharuskannya kemana-mana dengan kruk. Cacat sejak lahir, kata nenek “Guh, perempuan yang menikahimu karena Iman, karena percaya mereka tak perlu suami dengan dua kaki, untuk menuntun mereka ke surga. Perempuan seperti itu pasti mau!”
Tatapan ragu Teguh dibalas tepukan di bahu, menenangkan. “ Guh, tenang kita punya banyak aktivis dakwah yang ikhlas! Mereka bukan orang-orang yang fisik oriented!”
“Benarkah?”
Malam iru, Teguh yang berdandan rapi, membuktikan kalimat yang diucapka Riza dengan sangat optimis dulu. Sahabatnya yang telah menikah dua bulan lalu, memprakarsai diri untuk mencarikan calon istri untuknya.
“Seperti apa dia, Ri?”
Riza tampak berpikir. Beberapa detik berlalu dan ia masih kelihatan berpikir sangat keras.
“Hei…” Teriakan teguh dijawab tawa meledak Ria. Ah, dia memang teman sejati.

Bersambung……….


Sumber : Syar’I edisi 4/Rajab 1426

Mengetuk Cintamu, Asma Nadia

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Jumat, 20 Juni 2014
With 0komentar

Wayangku

| Minggu, 15 Juni 2014
Baca selengkapnya »

Wayangku

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Minggu, 15 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Sepi dan Mimpi

| Kamis, 12 Juni 2014
Baca selengkapnya »

Terlarut aku dalam sepi
Hilang tanpa arah mengiringi
Apa daya diri ini
Hanya mampu tuk meratapi
Perlahan mentari pun menyinari
Menemani jiwa yang sepi
Mengisi relung hati
Menunjukkan arah ku berlari
Tersadar fana ini kan tiada
Raga dan ruh pun kan terpisah
Kembali pada Sang Pencipta
Apa yang kita miliki gerangan?
Apakah ku harus bahagia?
Apakah ku harus berduka?
Hatimu yang tahu adanya

Ku ingin mencintai-Mu seutuhnya

Sepi dan Mimpi

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Kamis, 12 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Sahabatku

| Rabu, 11 Juni 2014
Baca selengkapnya »



Keheningan malam menemani
Jiwa yang sepi menyelimuti
Potret masa lalu menghampiri
Merindu dalam emosi

Melodi pun ikut bernyayi
Mengiringi rekaman nostalgia
Canda, tawa, dan tangis
Rindukanmu wahai sahabat

Tatap mata yang dulu tak tersekat
Canda gurau yang dulu terlihat
Kembali menjadi impian kecil yang indah
Berharap sang waktu memutarnya

Waktu pun tak memedulikanku
Terus berputar tanpa henti
Hari demi hari berubah menjadi penantianku
Tuk engkau sahabatku

Sahabatku

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Rabu, 11 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Lem Cinta ala Kom_Love

| Minggu, 08 Juni 2014
Baca selengkapnya »

Suatu hari, Rosti ketemu sama seseorang yang membuatnya terbang melayang ke angkasa cinta. Setiap bertemu dengannya Rosti selalu terlihat ceria dan berbunga-bunga. Seseorang tersebut selalu dipanggilnya dengan Monmon..
Setelah mengenal Monmon beberapa saat, da hal yang ta pernah diduga ma Rosti, ternyata Monmon telah mempunyai kekasih hati yang selalu dikenang di benaknya.. Hal ini membuat Rosti terkena penyakit patah hati, bahkan lebih parah, hatinya Rosti retak sampe berkeping-keping, dan ini membuatnya susah untuk tersenyum, lemas dan terkapar tanpa daya. Dalam kondisi seperti itu, dia dijaga sama temannya, namanya Yanz, dia selalu berusaha jaga and buat rosti tersenyum..

Rosti: Kamu punya lem cinta g'?
Yanz: Emang kenapa?
Rosti: Hatiku dipatahin ma Monmon!!!Sakit......buanged!!!
Yanz: Kalo tali sih punya!
Rosti: Ya, kalo gitu ga' nyatu", entar malah patah lagi!
Q bener-bener butuh lem bukan paku atau tali!
Cepetan, sebelum hatiku digerumuhi bakteri and terkena infeksi Yan!
Pa kamu ga' kasihan ma aku, kalo hatiku mati aku jadi manusia tanpa budi lho!
Cariin donx say...!!!
Yanz: Aku harus cari dimana??
Rosti: Coba cari di toko cinta yan??
Kalo ga', cariin donk orang yang punya lem cinta, truz minta lemnya tuk nyambung hatiku yang patah!
Yanz: Ros, katanya lem cintanya habiz, harus pesen dulu 1 tahun sebelumnya. Aku dah buat pamflet and pengumuman, tapi ga' ada satupun yang peduli ma hati kamu yang patah, katanya sich mereka juga pada butuh lem cinta!!!
Aku cape nich...yach...
Rosti: Tolong donk cariin di warnet cinta!!!
Apalah...tips ke', jurnal ke', yang jitu tuk nyatuin hatiku yang patah!!!
Yanz: Q kaga' punya duit rOs!!! Minta duonk!!!
Rosti: Eh Yan, di warnet cinta kaga' usah bayar pake duit, asal kamu punya cinta kamu bisa langsung akses tau....!!!
Cepetan nich, hatiQ sakit bangeeeeeet!!!!!
Yanz: Ya sabar, aku butuh persiapan nich tuk nunjukun kalo gue punya cintaaaaaaa.......
Rosti: G' usah pake persiapan segala, jika kamu suka 'n' sayang ma orang, tu juga dah punya cinta. Kaga' usah pake baju pinx lah, lipstik pinx lah, mawar lah dan cepetan jangan
buat aku nunggu!!!
Ato mo ku panggilin tukang lempar orang, supaya kamu langsung terbang ke warnet cinta!
Yanz: Ya deh.......

Akhinya Yanz pun pergi mencari warnet cinta..

Yanz: Nah itu warnet cinta..
Penjaga: selamat Datang di warnet cinta!!
Disini anda bisa mengakses segala hal tentang cinta!!
Anda telah mempunyai cinta, jadi silahkan anda akses segala sesuatu sepuasnya.
Anda bisa memakai komputer_love no.03!! Silahkan..
Jangan lupa sebutkan passwordnya dulu ya
"Assalamualaikum cinta...Terimakasih Alloh kau telah memberi aku cinta"
Jangan lupa senyum tuk buka kuncinya!!
Selamat mencoba..
Yanz : ??????? Subhanallah! Keren banget warnet cinta..
Kom_03 : Apa yang bisa saya akses??
Yanz : Lem cinta kom_love?
Kom_03 : Tunggu sebentar!!
Yanz : Lucu, komputer lovenya bisa ngomong..
Kom_03 : Lem cinta susah didapatkan mb, tapi lem cinta bisa dibuat dan diramu sendiri..
Apa anda mau mengakses cara membuat lem cinta?
Yanz : Sangat-sangat ingin, masalahnya kalo g dapet aku bisa ditendang ma Rosti, jangan bilang y..
Kom_03: Kom_love error.. Kom_love error.. silahkan restart lagi..
Yanz : Waduh... ini gimana?? SIAL!!
Kom_03 : WARNING! WARNING!
Jangan mengatakan sesuatu yang saru and tidak bermoral..
Kom_love akan error..
Untuk mengakses kembali silahkan ucapkan astagfirullah, aku tidak akan mengulanginya lagi"
Yanz : Y deh iya.. astagfirullah, aku tidak akan mengulanginya lagi"
Kok kom_lovenya malah ng'heng???
Kom_03 : WARNING-WARNING!! Harus ikhlas fren, harus ikhlas..
Yanz 
Astagfirullah aku tidak akah mengulanginya lagi..
Kom_03: ^-^
Tips buat lem cinta
Yanz : Subhanalloh.. Datanya ada lagi!!
Asyik.......makasih yaa Alloh....
Kom_03:

Tips buat lem cinta
1. Hilangkan semua perasaan benci dan dendam padanya, serta maafkanlah.
2. Olesi semua luka dengan keikhlasan dan kesabaran serta tawakal pada Alloh.
3. Setiap hari basuh muka dengan air wudlu, tadarus dan solat malam agar hati tetap suci dan tidak terkena infeksi.
4. Ketika hati mulai menyatu, tutup semua luka dengan senyuman.
5. Biarkan hatimu menerima cahaya cinta yang baru, agar hatimu semakin berkilau bak intan..
6. Cinta yang baru akan menghilangkan semua luka.
7. Untuk menjaga hati supaya tidak luka berdzikirlah selalu pada Alloh, OK!!

Yanz : oh....gitu y..
Kom_03: Pa perlu diprint di kertas love bernuansa merah jambu??
Yanz : Yap! Harus sekali, dihias, divariasikan and dibungkus dengan rapi supaya temenku selalu ingat itu dan senang kembali..
Kom_03: Kom_love senang dengernya.. Sebagai hadiah karena kamu sayang sama rosti your friend, kom kan kasih 2 copian buat kamu satu dan buat rosti satu..
Yanz : Makaciiiih..
Kom_03: Sama-sama..
Silahkan ambil printnya di kasir, trimakasih..
Penjaga: Sudah??
Yanz : Ya, Makasih..

Setelah Yanz pulang ke rumah rosti..

Yanz : Rosti, Nih aku cuma dapat resep buat lem cinta!
Rosti : Tolong buatin y.. Q dah g kuat lagi..
Yanz : G bisa! Kamu harus lakuin sendiri.. Ni g bisa diwakilin..
Rosti : Y udah... Sini resep buat lem cintanya..

Dalam dua minggu rosti pun mematuhi resep dari kom-love, alhamdulillah akhirnya lukanya mulai sembuh, tinggal pemantapan z..

Yanz : Gimana hatimu rosti?
Rosti : Yah..udah membaik, Alhamdulillah.. Tapi masih perlu obat hati tuk memantapkannya...
Yanz : Truz Monmonnya gimana?
Rosti : Biarlah cinta itu menjadi bibit bunga yang mengalami dormansi cinta, Ntar kalo udah saatnya tumbuh pasti kan berbunga lagi n membuat hati ini lebih sempurna..
Aku kan tunggu hari itu..
Sekarang aku mau belajar dulu tentang cinta..
Biar bibit bunga cintanya mekar dengan indah dan sempurna serta diridhoi oleh alloh untuk selamanya..
Yanz : Amin...
Rosti :Lagian kalo jodoh, g kan lari kemana kan..Yanz??
Yanz :Betul..
Yanz & Rosti: ^-^


Sumber  :

Lem Cinta ala Kom_Love

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Minggu, 08 Juni 2014
With 0komentar

Budaya Vs Smartphone

| Kamis, 05 Juni 2014
Baca selengkapnya »

Indonesia merupakan Negeri yang penuh dengan beragam budaya. Mulai dari Sabang sampai Merauke terdapat berbagai suku, bahasa, adat, yang membuat bangsa Indonesia menjadi salah satu daya tarik dan negara yang paling kaya akan budaya. Budaya adalah kerangka acuan perilaku bagi masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, kebijaksanaan, dll) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap, dan dapat dilihat dari pilihan dari warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala, dan peristiwa kehidupan.
Pemikiran-pemikiran manusia yang terus berkembang dalam menciptakan teknologi untuk membantu, dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, memberikan dampak besar terhadap budaya-budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.  Hal ini merupakan suatu hal yang tak bisa kita hindari, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, dan tidak hanya membantu dan mempermudah manusia, tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut sehingga dapat memengaruhi budaya masyarakat yang sudah tertanam sebelumnya.
Perkembangan teknologi ini tidak lepas dari prilaku konsumtif manusia dan sifat manusia yang tidak pernah puas. Sehingga inovasi-inovasi pun terus berkembang. Salah satu teknologi yang sedang booming di Indonesia adalah Smartphone. Menurut Gary B, Thomas J, dan Misty E, 2007, smartphone adalah telepon yang internet enabled yang biasanya menyediakan fungsi personal digital assistant (PDA), seperti fungsi kalender, buku agenda, buku alamat, kalkulator, dan catatan. Sedangkan dalam kamus Oxford online, smartphone adalah telepon yang memiliki kemampuan seperti komputer, biasanya memiliki layar yang besar dan sistem operasinya mampu menjalankan tujuan aplikasi-aplikasi yang umum.
Kemajuan teknologi smartphone yang semakin berkembang dengan dilengkapi aplikasi yang beragam, membuat masyarakat Indonesia ingin memilikinya, salah satu jenis smartphone adalah android. Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh, seperti smartphone. Smartphone ini memiliki pengguna yang cukup banyak di Indonesia, karena kelebihan yang dimilikinya. Beragamnya aplikasi jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dan Blackberry Messenger memudahkan kita untuk berinteraksi sosial melalui dunia maya. Jika dilihat dari luar, tujuan penggunaan aplikasi jejaring sosial ini baik, yaitu untuk memudahkan dalam bersosialisasi. Namun, sosialisasi ini hanya berlangsung pada dunia maya tersebut, terkadang pada kenyataannya yang tadinya akrab di jejaring sosial justru pada kenyataannya mereka tidak saling berinteraksi seperti halnya pada jejaring sosial. Interaksi sosial di dunia nyata pun menjadi berkurang, masing-masing orang hanya sibuk dengan smartphone mereka.
Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan dari Kent University di Chio seperti mematahkan hasil temuan sebelumnya yang menyatakan lebih aktif dalam jejaring sosial atau juga menggunakan ponsel dapat mengurangi perasaan terisolasi. Namun, seperti yang dikutip dari Dairy Mail (09/12), ternyata apa yang ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan itu bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya, dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa seseorang yang kecanduan texting atau juga lebih sering beraktivitas di jejaring sosial daripada kehidupan nyata lebih mudah tidak bahagia, terlalu pemikir, mudah cemas, dan memiliki ‘kewajiban’ yang pada logikanya tidak ada yang menyuruh atau mendapat keuntungan.
Hasil penelitian yang mengambil sample dari 500 orang, juga mengungkapkan bahwa menggunakan perangkat mobile secara konstan atau selalu terhubung dengan account jejaring sosialnya, maka akan lebih memiliki stress lebih tinggi. Penelitian tersebut membuktikan bahwa banyak orang yang sibuk dengan smartphone mereka sendiri. Sehingga interaksi sosial pada kehidupan nyata pun sedikit demi sedikit mulai berkurang.
Zaman sekarang, pada umumnya anak muda sudah menggunakan smartphone. Hal tersebut terlihat dari anak SD, SMP, SMA sampai mahasiswa perguruan tinggi yang selalu membawa smartphone ketika berpergian keluar rumah, pusat perbelanjaan, dan lain lain. Mereka selalu sibuk memantau smartphone-nya, karena merasa hal tersebut telah menjadi sebuah kewajiban.
Anak-anak SD pun mulai menggunakan smartphone,  karena dipegangi oleh orang tuanya. Padahal mereka tidak tahu apakah akan bermanfaat atau sebaliknya. Saat pulang sekolah biasanya dulu mereka berjalan bersama-sama pulang ke rumah masing-masing sambil bercanda,  tertawa riang sehingga mereka begitu akrab satu sama lain. Namun, setelah mereka menggunakan smartphone, meskipun berjalan bersama-sama, tetapi interaksi teman satu sama lain menjadi berkurang. Perhatian mereka dengan lingkungan juga berkurang. Hal ini secara tak langsung telah merenggangkan hubungan sosial mereka satu sama lain. Hal tersebut juga berlaku dengan orang tuanya sendiri ataupun dengan lingkungan terdekatnya.
Anak-anak yang dulu sepulang sekolah selalu bermain bersama di lapangan, bermain petak umpet, bermain layang-layang, bermain kelereng, sekarang menjadi suatu fenomena yang jarang terlihat. Mereka seperti asyik dengan dunianya sendiri, hal tersebut terlihat dengan seringnya anak-anak bermain di kamarnya masing-masing sambil main game. Sehingga mereka pun semakin jarang bergaul dengan teman sebayanya. Hal tersebut juga menyebabkan budaya bangsa mulai hilang, seperti permainan anak-anak.
Kemajuan teknologi ini sangat berdampak langsung pada generasi muda, karena generasi muda cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi zaman sekarang. Lain halnya dengan orang tua, mereka sulit untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dikarenakan mereka sudah terbiasa dengan kehidupan lamanya yang kuno, dan kurangnya pendidikan pada masa-masa mudanya dahulu.


Setiap inovasi pasti diciptakan untuk tujuan membantu dalam kehidupan.  Namun, kemajuan teknologi ini dikatakan bermata dua, karena memiliki sisi positif dan negatif. Hal ini menjadi suatu hal yang dilematis, di satu sisi kita tidak mungkin kita menutup diri dari perkembangan zaman untuk mempertahankan kebudayaan kita, karena kita membutuhkannya, di sisi lain kemajuan teknologi menyebabkan lunturnya budaya bangsa kita. Kita sebagai bangsa Indonesia pun dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman.  Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus bisa mengendalikan teknologi dan memfilternya agar kebudayaan-kebudayaan kita tetap terjaga kearifannya dan kita tetap bisa mengikuti perkembangan zaman.

Budaya Vs Smartphone

Posted by : Intan Pujiastuti
Date :Kamis, 05 Juni 2014
With 0komentar
Tag :
Prev
▲Top▲